Cara Membuat Bakso Daging Sapi ala Rumahan

img by @atiknafriyon
Resep Tina - Izin sharing ya Bunda2, kenapa Saya sering buat bakso sendiri dan kami sudsh 2 tahun ini bisa di bilang gak pernah lagi beli bakso di luar & Kalau pun pengen, lihat2 dulu tempatnya, KENAPA ? 
Pas pertama Kali saya mau proses pencampuran Daging halus dan bahan-bahan di penggilingan, di situ lah Saya berpikir gak mau sembarangan beli bakso di situ, orang-orang Yang mau giling bakso untuk jual, melakukan pencampuran bahan (Maaf) kurang higienis menurut Saya dan bahan yang digunakan dominan vetcin, pake pengenyal dan Serbuk apa gitu Saya gak tau apa namanya, (Maaf jika tadak berkenan, ini hasil yang saya lihat beberapa Kali ya).

Dan pas Saya mau giling, pasti minta tolong sm Pak De nya bersihin dulu alatnya,,
Alhamdulillah beliau selalu mau.

Saya share resep dari Ibunda saya Yang turun ke anak2nya,
Kemarin pernah coba resep pake tepung tapioka 1/4 kg dengan Daging 1 kg, pake BP, baput dan bamer goreng dan bumbu lain dengan olahan Yang sama dari IG yang hits gitulah, hasilnya terlalu lembut & aroma bawang putih goreng nya buat raisyah Gak mau sama sekali makan, Kalau saya makan aja, mubazir kalau di buat di makan.
Akhirnya resep kembali Ke Awal dan paling doyan kalau dibuat bakso goreng tuk bekal.

Enak nya menyantap bakso itu di siang hari saat cuaca panas bisa tambahkan cuka dan sambal agar terasa segar di lidah dan mulut, bahan bahan bakso yang akan saya buat gak sesulit yang kebanyakan orang kira, resep Bakso ini di tulis sesederhana mungkin agar bun da yang baca cepat memahami bahan bahan apa saja yang di gunakan dan bagai mana proses pembuatannya :)

Langsung Ke Resep ya bunda

Bahan-bahan yang harus di sediakan :
  • 1 kg Daging sapi Has dalam 
  • 1 kg tepung tapioka/kanji (me : 900 gr)
  • 1 sdm lada bubuk 
  • 2 sdm penuh Garam halus (sesuaikan dengan merk Garam ya)
  • 1 bungkus kaldu bubuk Sapi (11 gr)
  • 3 buttr telur ukuran sedang 
  • Es batu 

Cara Membuat :
  • Daging sudah saya haluskan dengan food processor 
  • Campurkan lada bubuk,Garam & kaldu bubuk & Garam.
  • Pas proses pencampuran dengan tepung, tempat penggilingan ya, biar hasil nya lebih halus.


Karena adonan dingin, Saya gunakan sarung tangan bahan lateks, masukkan bulatan di dalam air Yang sudah mendidih sampai mengapung, dan angkat.
Lakukan sampai habis, setelah matang, Saya kukus lagi sekitar 5-10 menit agar lebih awet.

Semoga bermanfaat.

NB : bumbu kuah bumbunya Saya pakai 
  • bawang putih 9 siung, 
  • bawang merah 4 siung, 
  • jahe sktr 2-3 cm, 
  • di blender agak kasar dgn minyak,
  • Tumis dengan api kecil sampai harum & kecoklatan.
Demikian artikel yang dapat saya bagikan, semoga artikel Cara Membuat Bakso Daging Sapi ala Rumahan dapat membantu anda membuat bakso di rumah untuk keluarga tanpa keluar rumah.


by @atiknafriyon

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.