Resep Masakan Kimchi Ala Rumahan

Resep Masakan Kimchi Ala Rumahan
Gambar Resep Masakan Kimchi Ala Rumahan 
Resep Tina - Para penggemar K-pop atau K-food pasti udah ga asing lagi ya sama yang namanya kimchi. Saya sendiri lebih suka kimchi yang homemade dan ga terlalu asam. Resep ini udah saya modif sesuai selera saya, untuk versi otentiknya silakan buka youtube channel-nya Maangchi ya aslinya sih kimchi dibuat full pake gochugaru (cabe bubuknya Korea ituloh) plus adonan semacam bubur tepung biar bumbu dan rasanya lebih mantap, tapi karena ga punya gochugaru saya pakai gochujang (pasta cabe) tanpa bubur tepung. Waktu permentasi juga sesuai selera, makin lama makin kuat rasa dan aromanya. Selamat mencoba!

By @monica_novara: 
Bahan Masakan Kimchi Ala Rumahan  : 
  • 1 kg sawi putih (kira2 2 buah yg besar) potong jadi 2 bagian
  • +/- 5 sdm garam
  • 1 lobak sedang, iris korek api
  • 1 wortel sedang, iris korek api
  • 10 tangkai bunga bawang (bisa diganti kucai atau daun bawang), potong2
  • 5 tangkai daun bawang, potong2


Blender bersama:
  • 1 bwg bombay sedang
  • 8 siung bwg putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 4-5 sdm kecap ikan
  • 5 sdm gochujang (pasta cabai Korea)
  • 2 sdm (sesuai selera, segini blm terlalu pedas) cabe bubuk- saya pakai cabe bubuk lokal)
  • 1 sdm corn syrup (optional- boleh skip)


Cara membuat :
  • Taburi sawi dgn garam secukupnya, bolak-balik per 30 menit. setelah 2 jam buang air yg keluar. cuci bersih (hati2 bs keasinan kalau garam terlalu banyak)
  • Campurkan sayuran selain sawi dengan bumbu halus.
  • Balurkan campuran pada tiap lembar sawi.
  • Letakkan dalam wadah tertutup, taruh di dalam kulkas (fermentasi lebih lama). Bila ingin lebih cepat, 24 jam pertama bisa didiamkan suhu ruang utk selanjutnya disimpan di dalam kulkas (saya: 1 minggu).
  • Sajikan kimchi begitu saja sebagai side dish atau diolah menjadi masakan lain. selamat mencoba.
Demikian Resep Masakan Kimchi Ala Rumahan  yang dapat saya sampaikan, selamat mencoba dan selamat berkreasi ya bunda :)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.